A. Pembukaan
1. Ketika
guru masuk kelas, yang dikerjakan guru adalah:
Guru
menertibkan peserta didik terlebih dahulu. Kemudian, guru meminta ketua kelas
untuk menyiapkan kelas dengan memberikan salam, lalu guru menjawab salam
tersebut.
2. Guru
membuka pelajaran dengan:
Guru bertanya
kepada peserta didik mengenai materi-materi sebelumnya yang belum dimengerti.
Jika tidak ada pertanyaan, guru melanjutkan kegiatan pembelajaran dengan
memberikan soal-soal kepada siswa tentang materi yang telah diberikan.
3. Apakah
cara membuka pelajaran tersebut sesuai dengan materi yang akan disajikan,
berikan alasan:
Ya, karena guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengantarkan ke materi yang akan dibahas
selanjutnya.
B.Penyajian Materi
1.
Bagaimana cara guru menyajikan materi
pokok pelajaran?
Guru menyajikan materi pokok
pelajaran dengan menggali pengetahuan awal peserta didik mengenai materi
tersebut. Lalu guru memberikan soal-soal sebagai bahan latihan untuk peserta
didik. Guru memilih peserta didik secara acak untuk mengerjakan soal tersebut,
dan peserta didik lainnya yang tidak terpilih mengoreksi jawaban temannya.
2.
Selama pelajaran berlangsung, berapa
kali guru bertanya pada siswa?
Guru sering kali
bertanya pada peserta didik dan peserta didik pun berebutan untuk menjawab
pertanyaan dari guru.
3.
Berapa orang siswa yang dapat kesempatan
menjawab pertanyaan guru?
Sebagian besar
peserta didik mendapat kesempatan untuk menjawab pertanyaan guru.
C.Selama pelajaran berlangsung, apakah
ada:
1.
Siswa yang mengajukan pertanyaan: Ada.
2.
Siswa yang mendapat kesulitan belajar,
jika ya bagaimana cara guru membantunya.
Guru mendatangi
siswa yang mengalami kesulitan belajar tersebut untuk menjelaskan apa yang
tidak dipahami oleh siswa tersebut.
3.
Siswa yang mengganggu kelas, Jika ya
bagaimana cara guru mengatasinya.
Guru
menegur peserta didik yang mengganggu kelas, memberikan perhatian lebih, serta
meminta peserta didik tersebut untuk mengerjakan soal yang diberikan guru di
depan kelas.
4.
Secara umum, bagaimana perhatian siswa
terhadap pelajaran yang disajikan guru?
Peserta
didik sangat tertarik terhadap pelajaran yang disajikan guru. Selain itu, rasa
ingin tahu mereka terhadap matematika juga sangat tinggi.
5.
Berapa lama pelajaran ini berlangsung?
2 x 45 menit atau
90 menit.
D.Penutup
1.
Apa yang dilakukan guru untuk mengakhiri
pelajaran?
Guru memberikan
soal kepada seluruh siswa dalam waktu 10 menit untuk menguatkan materi yang
telah dibahas.
2.
Bagaimana cara guru menilai hasil
belajar siswa?
Tes
tertulis, pengamatan, dan tugas. Tes tertulis bisa berupa LKPD (Lembar Kerja
Peserta Didik), kuis, ulangan harian, atau soal-soal yang diberikan guru selama
kegiatan proses belajar mengajar, sedangkan pengamatan berupa pengamatan
sikap-sikap peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran.
3.
Apa yang dilakukan guru sebelum
mengakhiri pelajaran atau untuk pindah ke pelajaran berikutnya?
Guru
meminta peserta didik menanyakan materi yang belum dimengerti. Guru berdoa agar
pembelajarannya dapat bermanfaat dan berkah.
4.
Berapa menit bagian penutup ini
berlangsung?
15 menit.
Kesan
Umum
Secara umum, SMA Banda Aceh merupakan salah satu
sekolah dengan kondisi lingkungan yang bersih dan terdapat beberapa pohon di
sekitar lapangan yang dapat menjadi pendukung dalam kegiatan proses belajar
mengajar. Komunikasi yang terjadi di SMA Banda Aceh terjalin dengan baik,
sehingga membuat suasana terasa akrab. Sekolah juga mengarahkan dan membimbing
siswa agar setelah bel berbunyi setiap pagi untuk membaca ayat suci Al-Quran
sebelum proses belajar mengajar dimulai. Mahasiswa praktikan sangat senang
berada di SMA Banda Aceh dan saya juga sangat berharap semoga semua yang
telah diupayakan selama ini oleh pihak sekolah dan juga peserta didik dapat
dipertahankan dan semoga bisa lebih baik lagi ke depannya.
0 komentar:
Posting Komentar
Beri Masukan Bermanfaat